H-5 Lebaran, Arus Lalu Lintas Kebumen Mulai Padat

KEBUMEN KRJOGJA.com – Memasuki H – 5 Lebaran 2018 pada Minggu (10/06/2018) di ruas jalur utama mudik Kabupaten Kebumen, mulai terjadi peningkatan  kepadatan lalu lintas dibandingkan hari-hari sebelumnya.   

"Selain kendaraan pribadi, peningkatan kepadatan lalu lintas juga disebabkan meningkatnya jumlah bus penumpang yang bisa dilihat dari meningkatnya jumlah  bus yang datang dan pergi di Teminal Bus Kebumen. Namun peningkatannya belum terlalu signifikan dan belum berdampak terjadinya kemacetan yang berlarut-larut," kata petugas Posko Lebaran Dinas Perhubungan (Dishub) Kebumen, Sutikno Minggu (10/06/2018).

Berdasarkan data kondisi lalu lintas yang dihimpun Posko Lebaran Dishub Kebumen,  peningkatan jumlah kendaraan pribadi maupun bus-bus pengangkut penumpang mulai terlihat sejak Sabtu (09/06/2018) tengah malam. Namun peningkatan tersebut  baru terlihat di sepanjang jalur utama mudik atau ruas jalan nasional dari Desa  Tersobo Kecamatan Prembun di perbatasan Kebumen dengan Kabupaten Purworejo hingga Desa Bumiagung Kecamatan Rowokele di perbatasan Kebumen dengan Kabupaten Banyumas.

"Jalur alternatif yang melewati sejumlah ruas jalan provinsi maupun  kabupaten, belum banyak menerima luberan kendaraan dari jalur utama," jelas  Sutikno.

Sekretaris Dishub Kebumen, Kinanto SIP, menyebutkan kepadatan lalu lintas
tertinggi dan rawan kemacetan berada di depan beberapa pasar tradisonal, yaitu 
Pasar Wonokriyo Gombong, Pasar Karanganyar, Pasar Kutowinangun dan Pasar Prembun, yang merupakan titik simpul kemacetan masa mudik maupun balik di jalur utama Kebumen  sejak bertahun-tahun lalu.

" Tak hanya arus kendaraan pemudik namun juga kendaraan warga setempat yang 
akan berbelanja ke pasar," jelas Kinanto.

Dari pantauan 'KRJOGJA.com', antrean panjang kendaraan sepanjang 1 kilometer  hingga 2 kilometer sempat terjadi di sejumlah lokasi jalur utama mudik Kebumen seperti pertigaan Kedungbener, perempatan Soka Baru dan Simpang Lima Sruweng, baik ke arah barat maupun timur.(Dwi)

BERITA REKOMENDASI