Hadapi ‘Nataru’, Pasokan Elpiji Purworejo Ditambah

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Pertamina menambah pasokan gas elpiji bersubsidi untuk Kabupaten Purworejo sebesar 5,08 persen dari kuota normal. Tambahan kuota itu diberlakukan sepanjang Desember 2018 untuk menghadapi peringatan Natal dan Tahun Baru 2019 (Nataru). 

Pada kondisi normal, kuota reguler gas elpiji Purworejo sebanyak 17.875 tabung perhari. Setelah ada tambahan, kuota menjadi 18.782 tabung perhari. "Alokasi tabung itu didistribusikan lima agen di Purworejo," ujar koordinator agen elpiji Purworejo, C Panji Pranowo, kepada KRJOGJA.com, Jumat (21/12/208). 

Selain tambahan alokasi, antisipasi naiknya permintaan gas dilakukan dengan distribusi setiap hari. Agen tetap beroperasi mendistribusikan gas kendati hari libur. 
  
Berdasar pantauan tim lapangan yang dimiliki agen, lanjutnya, belum ditemukan adanya gejolak dalam distribusi gas elpiji tiga kilogram. "Kondisi pasar stabil, namun tetap diantisipasi dengan kuota fakultatif, sehingga apabila ada kebutuhan bisa langsung dipenuhi," ungkapnya.
  
Sementara itu, Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM mengemukakan, pihaknya melakukan pantauan distribusi gas elpiji. Bupati mendatangi gudang agen milik PT Eka Karya Astha di Pangenrejo Purworejo. 

Bupati tidak menemukan ada kejanggalan atau penyimpangan distribusi gas. "Semua baik, ada tambahan kuota dan terdistribusi dengan lancar. Begitu pasokan datang dari SPBE, langsung disalurkan kepada pangkalan masing-masing," tuturnya.(Jas)

BERITA REKOMENDASI