Hak Paten Genteng Soka Telah Dipatenkan

Editor: Ivan Aditya

KEBUMEN, KRJOGJA.com – Nama Genteng Soka sebagai nama produk genteng yang berasal dari Kebumen belum lama ini telah didaftarkan hak patennya oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kebumen ke Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Bila permohonan tersebut disetujui, maka hanya genteng produksi Kebumen lah yang nantinya berhak menyandang nama 'Genteng Soka'.

"Pendaftaran nama 'Genteng Soka' ini merupakan contoh pendaftaran hak paten atas produk industri yang berindikasi geografis. Pendaftaran hak paten semacam ini dilakukan oleh pemerintah daerah setempat, bukan oleh pemilik usaha," ujar Penyuluh Hukum Kantor Kemenkumham Jawa Tengah, Windarto, dalam Workshop Hak Kekayaan Intelektual dan Rakor Industri Kreatif, di Aula Sekretariat TP PKK Kabupaten Kebumen, Rabu (28/11/2018).

Dalam acara yang diikuti oleh 100 peserta yang terdiri dari pemilik usaha kecil menengah se Kabupaten Kebumen tersebut dipaparkan Windarto tentang seluk beluk hak kekayaan intelektual beserta tata cara pendaftarannya di Kemenkumham.

"Kenapa kekayaan intelektual suatu produk industri perlu dilindungi ? Karena adanya efek ekonomi dari produk tersebut. Bila dibiarkan bebas tanpa aturan tentang perlindungannya, maka bisa terjadi saling berebut pengakuan atas produk tersebut," ujar Windarto.

Menurut Windarto pemilik hak kekayaan intelektual suatu produk  punya hak untuk menikmati secara ekonomi produk yang telah dibuatnya dengan olah pikir dan proses kreatif. Namun pengertian paten berbeda dengan merek. Paten lebih mengindikasikan tentang hal-hal yang bersifat akademik terkait kualifikasi produk secara komplet. Sedangkan merek terkait dengan nama panggilan terhadap produk tersebut.

"Untuk pembuatan merek, kami sarankan jangan terlalu spesifik, karena pendaftarannya susah. Buatlah merek yang pengertiannya seluas mungkin, yang penting bisa lulus. Sebaiknya gunakanlah pula nama-nama spesifik yang ada di daerahnya sebagai merek produk," ujar Windarto. (Dwi)

BERITA REKOMENDASI