HAKLI Magelang Adakan Kegiatan Pengabdian Masyarakat

Editor: Ivan Aditya

MAGELANG, KRJOGJA.com – Dalam rangkaian memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-56 Tahun 2020, Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan (HAKLI) Kabupaten Magelang mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di pos pengungsian yang ada di wilayah Kabupaten Magelang, Selasa (24/11/2020). Ini seperti yang dilakukan di Tempat Akhir Evakuasi (TEA) Desa Banyurojo Kecamatan Mertoyudan Magelang, Selasa.

Selain menyerahkan bantuan, yang diterima Sekretaris Desa Banyurojo Agus Firmansyah SHi, di kawasan TEA Banyurojo ini juga dilakukan pembuatan sumur resapan atau Sarana Pembuangan Air Limbah (SPAL). Beberapa anggota HAKLI Kabupaten Magelang juga ikut menggali tanah yang akan dijadikan lokasi sumur resapan.

Ketua Cabang HAKLI Kabupaten Magelang Darkam SSt mengatakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ke semua lokasi pengungsian ini mencerminkan kepedulian anggota HAKLI Kabupaten Magelang kepada para pengungsi di era tatanan kehidupan baru.

“Bentuk nyata dalam kegiatan yang kami lakukan ini adalah rasa simpati dan peran semua anggota HAKLI Cabang Kabupaten Magelang kepada para pengungsi, bertujuan agar dalam kehidupan di pos pengungsian tetap bisa berperilaku hidup bersih dan sehat, terhindar dari berbagai penyakit berbasis lingkungan dan upaya pencegahan penularan penyakit,” kata Darkam.

Melihat kondisi yang ada di pengungsian, HAKLI Kabupaten Magelang merasa terpanggil untuk ikut berkontribusi guna meminimalisir kemungkinan akan terjadinya penularan penyakit akibat dari kebersihan lingkungan dan pola hidup sehat para pengungsi yang masih perlu perhatian. Kegiatan edukasi atau penyuluhan berkaitan dengan pandemi Covid-19 juga dilakukan tim HAKLI Kabupaten Magelang, demikian juga inspeksi kesehatan lingkungan (IKL) di semua pos pengungsian.

Pelaksanaan kegiatan sosial dan sosialisasi ini semua anggota HAKLI Cabang Kabupaten Magelang dalam upaya pencegahan kemungkinan terjadinya penyakit menular, dan tetap berpesan kepada semua pengungsi untuk tetap hidup tenang, patuhi protokol kesehatan dengan selalu menerapkan 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak) di suasana pandemi Covid-19 ini. (Tha)

BERITA REKOMENDASI