Halal Bihalal IPHA Magelang Bahas Hubungan Pemilik Modal dan Buruh  

Editor: Ary B Prass

MAGELANG, KRJOGJA.com – Ikatan Persaudaraan Haji Muhammadiyah (IPHA) angkatan 2019 Kabupaten Magelang menggelar halal BI halal di EduPark Polengan Srumbung Magelang, Selasa (16/5/2022).
Kesetaraan kemanusiaan dalam hubungan perburuhan menjadi kajian dan diskusi pada even halal BI halal itu.
Ketua IPHA angkatan 2019, Dr (c) Muhammad Tohirin MAg mengatakan haji mengajarkan kesetaraan dalam kemanusiaan dan kehidupan. Tidak ada perbedaan antara manusia dimuka bumi ini baik dalam ras, agama, suku dan etnis serta golongan tertentu.
“Saat beribadah haji, pakaian ihrom membungkus tubuh manusia tanpa membedakan, ini menyimbulkan kesamaan dan kesetaraan,” kata Muhammad Tohirin.
Dia menerangkan nilai-nilai kemanusiaan dalam haji harus terus diimplementasikan dalam kehidupan oleh mereka yang telah beribadah haji, dan menularkannya pada lingkungan kehidupannya.
Terutama, katanya bagi haji yang menjadi pengusaha, atau pemilik modal. Mereka harus menjadi contoh teladan dalam kehidupan yakni dalam mengimplementasikan nilai-nilai kesetaraan kemanusiaan.
“Hubungan kesetaraan kemanusiaan harus dijaga antara pemilik modal, pengusaha dan buruh atau pekerja. Jangan sampai mengorbankan buruh, ini menunjukkan tidak ada kesetaraan,” kata dia.

BERITA REKOMENDASI