Hanya 40 Menit, Terkumpul 723 Kg Sampah

Editor: KRjogja/Gus

 

PURWOREJO (KRJogja.com) – Kendatipun sebagian masyarkat di Kabupaten Purworejo sudah berhasil mengolah limbah sampah menjadi barang yang bermanfaat, namun persoalan sampai di masyarakat hingga kini belum terselesaikan. Bahkan dalam gerakan pungut sampah dan tanam pohon yang dipusatkan di Kutoarjo, dalam waktu 40 menit berhasil mengumpulkan sampah sebanyak 723 kg dari berbagai jenis.

Kegiaan yang melibatkan sekitar 1.200 peserta dari pelajar sekolah adiwiyata, SMA, SMK, perguruan tinggi, komunitas dan relawan, KSM Kotaku, Ibu-ibu, remaja serta masyarakat di kawasan Perkotaan Kutoarjo bersama TNI/Polri ini menyusuri sejumlah ruas jalan dan lorong-lorong perumahan padat penduduk.

“Dengan gerakan pungut sampah ini, sekaligus untuk mengajak masyarakat agar peduli dan bisa menempatkan sampah sesuai keperuntukannya, bahkan kami anjurkan sampah untuk dikelala menjadi kompos sehingga bermanfaat,” kata Kepala Dinas  Lingkungan Hidup (DLH) Purworejo Al Bambang Setiwan SSos MSi, Sabtu (7/12).

Pada kesempatan itu juga dibagikan berbagai bibit tanaman dari berbagai jenis untuk desa-desa yang rawan bancana longsor, Juga untuk tanaman perkotaan.

Pengelolaan sampah menurut Al Bambang Setiawan,  bukan sekedar dibuang, tetapi harus diolah. Karena selain dapat dimanfaatkan, juga dapat mendatangkan pendapatan
secara ekonomi. “Sebenarnya sampah bisa diolah menjadi kompos, menjadi cairan pengusir hama, maupun kerajinan yang menarik. Maka pentingnya kegiatan gerakan pungut sampah ini,
untuk menyadarkan kita semua akan kepedulian sampah,” jelasnya. (Nar)

BERITA REKOMENDASI