Hanyut di Aliran Sungai, Dua Warga Tewas

Editor: Ivan Aditya

MAGELANG, KRJOGJA.com – Samidi (41) dan Pami (32) warga Dusun Tretes Denokan Desa Wonolelo Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang ditemukan tewas dunia setelah sempat hanyut di aliran sungai kecil di dusunnya, Sabtu (19/06/2021). Jenazah keduanya Sabtu sore dimakamkan di daerah yang memiliki ketinggian sekitar 1.400-1.500 meter di atas permukaan air laut (mdpl) tersebut.

Sedang satu orang lainnya, yang juga tinggal di Denokan, Sandi (55), juga sempat hanyut dan berhasil menyelamatkan diri setelah salah satu tangannya berhasil memegang bebatuan tepi sungai saat ia hanyut sekitar puluhan meter jauhnya. Luka lecet terlihat di bagian lutut kaki kiri dan paha kaki kanannya.

Kapolsek Sawangan AKP Tugimin SH mengatakan lokasi tersebut sebelumnya dalam kondisi miring, kemudian diratakan dan disiapkan untuk lahan rumah nantinya. Dengan menggunakan beberapa peralatan sederhana, tanah-tanah sisa kemudian dibawa dan diangkut untuk diturunkan ke saluran sungai kecil, dengan harapan nantinya akan hanyut sendiri manakala sungai tersebut ada airnya.

Sabtu siang di wilayah dusun yang paling atas di kawasan lereng Gunung Merbabu tersebut turun hujan, dan sempat menghanyutkan tanah-tanah yang ada di sungai kecil yang memiliki ukuran lebar sekitar 1,5 meter dan dalam sekitar 1,5-2 meter tersebut. Namun kenyataannya tidak hanya tanah-tanah yang hanyut terbawa aliran sungai, Samidi, Pami dan Sandi juga ikut hanyut. “Pada saat tidak hujan, sungai kecil tersebut kering atau tidak ada aliran airnya,” katanya. (Tha)

BERITA REKOMENDASI