Harapan Baru, Rombongan Transmigrasi Kebumen Tiba di Tanjungbuka Bulungan

KEBUMEN, KRJOGJA.com – Setelah melakukan perjalanan 6 hari dengan kapal laut dari Tanjung Perak Surabaya, rombongan transmigran Kebumen yang merupakan bagian dari  Program Transmigrasi 2019 Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah, tiba di UPT  (Unit Pemukiman Transmigrasi) SP 6B Tanjungbuka Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara, Selasa (10/12/2019) lalu.

Dari lokasi penempatan, Kasi Perluasan Kesempatan Kerja dan Transmigrasi Dinas Ketenagakerjaan Koperasi dan UKM (Disnakerkum) Kebumen, Siti Khalimah MM, mengabarkan bahwa 7 kepala keluarga transmigran Kebumen tersebut ditempatkan di UPT 6B Tanjungbuka bersama peserta transmigrasi dari berbagai daerah di Jawa Tengah. 

"Jumlah transmigran asal Jawa Tengah seluruhnya 376 orang. Mereka dilepas Gubernur Ganjar Pranowo, dari Semarang pada 4 Desember 2019 lalu," ungkap Siti Khalimah yang menjadi pendamping transmigran Kebumen sejak pemberangkatan hingga lokasi tujuan.

Perjalanan yang ditempuh menurut Siti cukup melelahkan bagi rombongan, karena setelah perjalanan 6 hari dengan kapal laut harus disambung dengan perahu klotok lewat sungai.

"Sebagian transmigran jatuh sakit akibat kelelahan dan mabuk perjalanan. Namun tekad yang kuat untuk mengubah nasib menjadi lebih baik  membuat mereka tetap bersemangat dalam memulai kehidupan di lokasi transmigrasi," jelas Siti.(Dwi)

BERITA REKOMENDASI