Harga Belum ‘Klik’, Petani, Pedagang dan PT Djarum Saling Tahan Diri

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Bupati Temanggung dan Tim gugus pertembakauan pantau penjualan tembakau di perwakilan pabrik rokok PT Djarum yang ada di daerah tersebut.

Hasilnya, petani, pedagang dan pabrik rokok saling menahan diri untuk mendapatkan target keuntungan diinginkan. PT Djarum mencari tembakau sesuai kualitas yang diinginkan dan menahan duitnya, sedangkan petani dan pedagang menahan tembakau karena harga belum ketemu.

“Mereka saling menahan diri, Djarum menahan duitnya, petani dan pedagang menahan barangnya karena harga belum ketemu,” kata Bupati Temanggung Al Khadziq, Selasa (31/8/2021).

Dia mengatakan PT Djarum masih terlalu selektif dalam memilih kualitas barang. Sedangkan kualitas yang dicari itu masih sulit untuk dipenuhi oleh para petani. Maka itu pada pihak Djarum supaya harganya dinaikkan lagi agar ketemu dengan harapan petani.

“Sementara saya juga meminta pada petani meningkatkan kualitas barangnya lebih baik lagi agar spesifikasinya bisa masuk pabrik. Kalau dari pabrik menaikkan harga dan petani menaikkan kualitas saya rasa ini akan segera ketemu keinginan para petani dan keinginan pabrik sehingga bisnis bisa merjalan,” katanya.

BERITA REKOMENDASI