Harga Cabai Membaik, Petani Sumringah

Editor: KRjogja/Gus

TEMANGGUNG (KRjogja.com) – Petani cabai bernafas lega dan tersenyum sumringah. Harga cabai keriting merah di tingkat petani di Kabupaten Temanggung pada beberapa hari terakhir berangsur naik. Kini telah mencapai Rp 15 ribu perkilogram.

Petani cabai warga Kelurahan Madureso Mat Isroi mengatakan petani meningkat semangatnya disaat ini karena cuaca baik dan mendukung dalam budidaya cabai. Tanaman di lahan nyaris tidak ada hama, sehingga produktifitas meningkat dan kualitas komoditas mencapai yang terbaik. 

"Harga ikut terdongkrak saat ini harga cabai keriting merah Rp 15.000 per kilogram dari sebelumnya Rp 12.000 per kilogram. Beberapa hari terakhir harga terus meningkat," katanya.

Dia mengatakan dibanding pekan lalu harga cabai keriting Rp 8.000 per kilogram, setelah bertahan cukup lama di harga kisaran Rp 7000 per kilogram di petani. Petani tidak mengetahui secara pasti penyebab rendahnya harga cabai saat itu, namun diperkirakan stok yang berlimpah dan kualitas hasil panen yang belum baik.

Dia mengemukakan saat ini memiliki tanaman cabai keriting sebanyak 2.000 pohon pada petik kelima kemarin menghasilkan 22,5 kilogram. Petik dilakukan empat hari sekali dan cabai keriting bisa petik sampai 20 kali.

Harga cabai, ungkapnya memang tidak menentu, kadang tinggi dan tiba-tiba bisa anjlok. Namun dengan harga 15.000 per kilogram petani sudah dapat untung, sebab pada panen ke empat lalu sudah menutup ongkos produksi. "Petani berharap kualitas cabai bertahan baik dan harganya bisa naik lagi sehingga diperoleh keuntungan," katanya.

Petani lainnya Badriyah mengatakan harga cabai setelah Lebaran lalu cenderung turun, namun dalam beberapa hari ini harga mulai naik. Diharapkan harga cabai dapat naik lagi seperti sebelum Lebaran lalu dengan begitu dapat meningkatkan kesejahteraan petani. 

Dia mengatakan selian menanam cabai keriting juga menanam cabai rawit merah, namun harganya di tingkat petani saat ini relatif stabil Rp 22.000 per kilogram. Sebelumnya harganya pada kisaran Rp 20.000 per kilogram. " Jadi harga cabai rawit merah juga naik," katanya. (Osy)

BERITA REKOMENDASI