Harga Daging Ayam Pedaging di Kebumen Masih Tinggi

Editor: KRjogja/Gus

KEBUMEN KRJOGJA.com – Menginjak H + 2 Lebaran 2018 pada Senin (18/06/2018) harga daging ayam pedaging di Kebumen masih tinggi, yaitu mencapai Rp 45 ribu/kilogram. Namun harga sebesar 45 ribu per kilogram ini sudah menurun dibanding dua hari sebelumnya yang mencapai Rp 50 ribu/kilogram.

" Rekor tertinggi harga ayam pedaging pada Lebaran kali ini memang mencapai Rp 50 ribu per kilogram, yaitu pada Sabtu (16/06/2018) lalu, karena stok masih terbatas namun permintaan dari pedagang makanan sangat tinggi,"ungkap pedagang daging ayam pedaging di Pasar Tumenggungan Kebumen, Yuli, Senin (18/06/2018).

Menurut Yuli, permintaan daging ayam pedaging di masa Lebaran sebagian besar berasal dari para pedagang mie ayam dan sate ayam dan sebagian lainnya dari pedagang makanan lainnya dan ibu rumah tangga. 

" Pada H – 1 Lebaran harganya sudah mencapai Rp 45 ribu per kilogram atau hampir dua kali lipat dari harga normalnya sebesar Rp 24 ribu per kilogram. Namun, permintaan tetap tinggi pada hari H Lebaran sampai hari ini. Padahalstok terbatas karena banyak usaha pemotongan ayam dan pedagang daging ayamyang libur," jelas pedagang daging ayam lainnya di Pasar Tumenggungan Kebumen, Harti.

Berdasarkan pengalaman selama ini, harga daging ayam pedaging di atas Rp 40 ribu/kilogram menurut Harti kemungkinan masih akan bertahan hingga H + 7 Lebaran. Setelah itu, diperkirakan harga akan turun secara bertahap. (Dwi) 

BERITA REKOMENDASI