Harga Sapi Kurban Stabil Jelang Idul Adha

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Harga sapi kurban di sejumlah peternakan sapi di Kecamatan Bayan Kabupaten Purworejo cenderung stabil menjelang perayaan Idul Adha. Masyarakat masih bisa mendapatkan sapi ukuran sedang dengan harga rata-rata Rp 20 juta – Rp 23 juta perekor.

Peternak sapi Naga Bonar Farm Desa Bringin, Muhsinun menilai, stabilnya harga sapi karena kurban tahun 2019 tidak seramai sebelumnya. "Misalnya di desa kami, beberapa warga yang berlebih biasanya menyembelih sapi, tapi sampai sekarang belum ada kabarnya," ujarnya kepada KRJOGJA.com, Jumat (9/8) sore.

Menurutnya, harga bisa lebih rendah lagi di pasar hewan. Pasalnya, pedagang berpotensi menurunkan harga apabila pasaran tidak begitu ramai.

Muhsinun memelihara sembilan sapi kurban milik sendiri dan titipan juragannya. "Namun sampai sekarang baru keluar dua ekor. Dua lagi besok sehari jelang lebaran," ucapnya.

Untuk menjaga kualitas ternak, Muhsinun memberi pakan fermentasi jerami dan komboran. "Kombinasi itu yang terbaik, hasilnya sapi gemuk dan sehat. Untuk menjaga kesehatan, kandang dibersihkan setiap hari," ucapnya. (Jas)

 

 

 

BERITA REKOMENDASI