Harga Sayuran Anjlok, BRI Peduli Bantu Ringankan Petani

Editor: KRjogja/Gus

Beberapa hari lalu juga dilakukan Pemimpin Cabang Bank BRI KC Magelang di lokasi berbeda. Bahkan juga ikut membagi-bagikan hasil tanaman sayuran kepada masyarakat secara gratis. Sayuran yang dibeli Selasa kemarin. disalurkan kepada banyak pihak, termasuk ke pondok pesantren, yayasan yatim piatu atau masyarakat yang membutuhkan, bekerjasama dengan Tim SAR Grabag dan Graskom Grabag, sehingga hasil tanaman sayuran tersebut dapat lebih bermanfaat dan berkah bagi orang banyak. Diharapkan pihak lain atau masyarakat yang merasa peduli juga dapat membantu, selain BRI.

Zamroni dan Siswanto, petani sayuran dari Banaran, secara terpisah kepada KRJogja.com membenarkan harga beberapa jenis sayuran beberapa hari lalu sempat turun tajam. Misalnya untuk sayuran kobis, harganya sampai Rp 400,- hingga Rp 500,- per kilogramnya. Demikian juga harga produk tomat, cabai maupun lainnya.
Hanya saja akhir-akhir ini sudah mulai ada kenaikan. Untuk kobis, ada yang sudah laku antara Rp 800,- hingga Rp 1.000,- per kilogramnya. Harga ini harga kotor dan merupakan harga di ladang. Pembeli memanen sendiri sayuran yang dibelinya di ladang, termasuk membeli keranjang atau mengangkutnya ke kendaraan yang akan membawanya ke rumah. Meskipun sudah mengalami kenaikan, harga tersebut dinilai petani masih belum mampu menutup seluruh biaya yang dikeluarkan. (Tha)

BERITA REKOMENDASI