Harga Sembako Merangkak Naik

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Menjelang Ramadan 1438 Hijriah, harga kebutuhan pokok seperti telur dan daging ayam ras di pasar tradisional Kabupaten Temanggung mengalami kenaikkan yang cukup signifikan.

Pedagang daging ayam di Pasar Kliwon Amertani di Temanggung, Rabu, Siti Sugianti (44) mengatakan kenaikan harga daging ayam berlangsung sekitar satu minggu terakhir. Kenaikan harga daging tersebut bersamaan penyelenggaraan tradisi nyadran masyarakat Temanggung.

" Jelang Ramadan banyak masyarakat menggelar tradisi nyadran, di mana dalam tradisi tersebut masyarakat membuat masakan beserta lauk-pauk sehingga permintaan daging ayam juga meningkat dan memicu kenaikan harga," kata Kamis (11/5) 

Dia mengatakan harga daging ayam ras yang sebelumnya Rp 23.500 per kilogram, kini menjadi Rp 28.000 per kilogram dan harga telur dari Rp 16.000 per kilogram menjadi Rp 21.000 per kilogram.

Pedagang sembako, Ani (49) mengatakan harga telur ayam naik dalam empat hari terakhir meski pasokan telur ayam berjalan lancar. Harga telur ini akan naik pada tradisi nyadran dan nanti di awal Ramadhan akan turun dan harga kembali naik menjelang Lebaran. (Osy)

 

 

 

 

 

BERITA REKOMENDASI