Harga Tak Juga Naik, Dirjen Industri Agro dan DPR RI Pantau Pembelian Tembakau

Editor: Ary B Prass

 

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – DPR RI dan Pejabat Kementerian Perindustrian pantau penyerapan tembakau rajangan kering di sejumlah gudang perwakilan pabrik rokok di Kabupaten Temanggung, Jumat (17/9/2021).

Mereka datang untuk membuktikan informasi dan keluhan masyarakat yang disampaikan bahwa penyerapan tembakau musim panen 2021 lambat dan dengan harga beli yang belum menguntungkan petani. Petani juga khawatir hujan dan cuaca yang tidak bersahabat dalam beberapa hari terakhir akan mempengaruhi pembelian, yakni semakin hancurnya harga.

Anggota DPR RI yang memantau adalah dari Komisi IV Panggah Susanto yang datang bersama Plt. Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian Putu Juli Ardika. Mereka didampingi Bupati Temanggung Al Khadziq dan sejumlah kepala desa di wilayah penghasil tembakau, serta pengurus APTI.

Di gudang pabrik rokok PT Gudang Garam Kediri, mereka diterima pimpinan perwakilan pabrik tersebut, Tjong Giong. Sedangkan di perwakilan PT Djarum Kudus diterima oleh pimpinan setempat Iskandar. Plt Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian Putu Juli Ardika mengatakan kedatangannya untuk menindak lanjuti laporan dari masyarakat.

” Kami dengar penyerapan tembakau kurang begitu cepat, sehingga saya mengecek ke Temanggung,” kata dia.

 

BERITA REKOMENDASI