Harga Tembakau Baru Capai Rp 65 Ribu

Editor: Ivan Aditya

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Harga tembakau rajangan kering di perwakilan pabrik rokok di Kabupaten Temanggung terpantau telah mencapai di atas Rp 65 ribu perkilogram dengan kualitas C dan bahkan ada yang telah D. Petani dan pabrikan berharap cuaca terus membaik dengan capaian kualitas terbaik sehingga harga juga menguntungkan.

Bupati Temanggung Al Khadziq mengatakan pabrik rokok telah buka gudang selebar-lebarnya untuk membeli tembakau rakyat, meski begitu petani dan pedagang yang beraktivitas di perwakilan pabrik rokok harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Warga harus rajin atau sering cuci tangan menggunakan sabun di air mengalir, memakai masker ganda dan menjauhi kerumunan. Fasilitas prokes telah dipenuhi, tinggal bagaimana menggunakannya dan patuhi aturan,” kata dia ditemui disela pantauan jual beli di perwakilan pabrik rokok, Kamis (26/08/2021).

Dia mengatakan sampai Agustus ini musim dan cuaca di Temanggung sangat mendukung untuk pertembakauan, yakni terang dengan terik matahari. Semakin hari diprediksi akan semakin bagus yang berdampak pada peningkatan kualitas tembakau. “Di beberapa daerah harga ada yang telah mencapai grade dengan harga Rp 80 -90 ribu. Saya yakin harga tembakau juga akan semakin naik,” kata dia.

Dia mengatakan telah menyampaikan pada manajemen perwakilan pabrik rokok untuk dapat membeli tembakau dengan harga yang bagus yakni harga yang menguntungkan petani. Apalagi volume perdagangan di Kabupaten Temanggung pada tahun ini 14 ribu ton. “Harapan seluruh tembakau dapat diserap, jangan sampai ada yang tersisa,” kata dia.

Sementara pada petani dan pedagang, kata dia, harus membuat tembakau yang sebaik-baiknya yakni tidak dicampur dengan tembakau luar daerah dan barang lain. “Kalau pemerintah meminta untuk mementingkan tembakau Temanggung tetapi petani mencampurnya dengan tambakau luar dari Temanggung ini menjadi tidak bagus,” kata dia.

Grader Pabrik Rokok Gudang Garam di Temanggung Hartanto mengatakan harga tembakau di Temanggung mulai meningkat. Harga beli dari pabrikan rokok telah sesuai dengan kualitas. ” Tahun ini kami membeli 10 ribu ton tembakau, dan bisa meningkat sesuai dengan kebutuhan dan permintaan dari pabrik,” kata dia. (Osy)

BERITA REKOMENDASI