Harga Tembakau Kali Ini Belum Bisa Membuat Petani Tersenyum Lebar

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Meski telah ada peningkatan harga tembakau rajangan pada pembelian di sejumlah gudang perwakilan industri rokok, namun dinilai Bupati Temanggung Al Khadziq belum ideal. Sebab belum sesuai dengan kualitas barang.

“Berdasar pantauan pada pembelian di gudang industri rokok, saya rasa belum kondisi yang ideal, harga masih perlu dinaikkan lagi dan yang paling penting kualitas barang juga harus dijaga betul,” kata Bupati Al Khadziq, usai meninjau sejumlah gudang perwakilan industri rokok dalam melakukan pembelian tembakau petani, Kamis (3/9/2020).

Dikatakan pembelian tembakau rajangan di gudang ada yang telah mencapai Rp 70.000 per kilogram. Diharapkan ke depan seiring dengan panen tembakau dan cuaca yang mendukung, harga tembakau juga dapat lebih bagus lagi.

Dia mengemukakan bersama tim gugus tugas pertembakauan Kabupaten Temanggung telah berkeliling ke gudang-gudang perwakilan industri rokok di Temanggung untuk mengecek langsung di lapangan, penjualan tembakau dari petani, kemudian mengecek mekanisme penjualannya dan juga mengecek harganya.

“Saya minta kita bersama-sama ‘bebrayan’ dalam usaha pertembakauan ini bagaimana caranya agar petaninya untung, pedagang juga untung, pihak industri juga untung,” katanya.

BERITA REKOMENDASI