Harga Tembakau Tembus Rp 150.000 Per kilogram

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Harga tembakau rajangan kering di  gudang tembakau perwakilan pabrik rokok di Kabupaten Temanggung dimusim panen 2018 terus beranjak naik. Hingga Rabu (13/9) harga telah mencapai Rp. 150.000 per kilogram, sedangkan harga di tingkat petani Rp. 140.000 per kilogram

Grader PT Gudang Garam, Hartanto mengatakan kualitas tembakau telah mencapai grade D dengan harga Rp 130.000 per kilogram. Harga itu sesuai dengan kualitas yang memang baik.

"Harga tembakau sesuai dengan kualitas yang ada, kalau kualitasnya memang bagus maka harganya juga menyesuaikan," kata Hartanto, Rabu (13/9).

Dia menyampaikan sejak Agustus 2017, sejumlah gudang perwakilan pabrik rokok di Temanggung mulai membeli tembakau yang saat ini memasuki masa panen.

Harga tembakau katanya dalam satu masa panen biasanya terus naik, sebab daun tembakau bagian bawah yang dipetik lebih awal mempunyai kualitas di bawah daun tembakau di atasnya.

Petani di Dusun Lamuk Legok Desa Legoksari Kecamatan Tlogomulyo, Sutopo mengatakan harga tembakau di tingkat petani mencapai Rp 140.000 per kilogram pada grade D plus. Harga itu adalah harga di petani, yang kemungkinan harga di gudang bisa lebih tinggi dengan kualitas yang sama. " Patani berharap harga terus meningkat," katanya. (Osy)

BERITA REKOMENDASI