Hari Kedua Pendaftaran Parpol Masih Sepi

Editor: Ivan Aditya

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Partai-partai politik di Kabupaten Temanggung belum tertarik mendaftarkan diri untuk menjadi peserta pemilu 2019 di Komisi Pemilihan Umum setempat, Rabu (04/10/2017). Demikian halnya di KPU Kota Magelang. KPU masih menunggu hingga 16 Oktober 2017 mendatang, yang merupakan batas akhir pendaftaran.

Komisioner KPU Temanggung Divisi Hukum Yami Blumut mengatakan sampai hari kedua pendaftaran peserta Pemilu 2019, Rabu (04/10/2017) belum ada satu pun partai yang mendaftar di KPU. Namun, untuk sosialisasi dan bimbingan teknis pendaftaran dan verifikasi parpol peserta pemilu 2019 sudah disampaikan pada Senin (02/10/2017). “Senin lalu sudah ada sosialisasi dan bimbingan, semua parpol telah menyatakan paham dan akan mendaftar setelah berkas lengkap," katanya, Rabu (04/10/2017).

Dia menyatakan kemungkinan berkas-berkas yang dipersyaratan belum lengkap sehingga belum mendaftar, karena KPU hanya akan menerima pendaftaran jika berkasnya sudah lengkap. Sebab bila belum lengkap akan langsung dikembalikan untuk dilengkapi.

Dikatakan pada sosialisasi tersebut diikuti 14 partai politik. Dua parpol yang tidak hadir yaitu PKPI dan PBB meskipun sudah diundang.  Partai politik yang hadir terdiri dari PDIP, PKB, PPP, partai Gerindra, Partai Hanura,  Partai Demokrat, PKS, Partai Golkar, Partai Nasdem, PAN, PSI, Partai Berkarya, Partai Idaman dan Perindro.  "PSI, Partai Berkarya, Partai Idaman dan Perindo merupakan partai baru dan bukan peserta pemilu periode sebelumnya," katanya.

Ketua KPU Kabupaten Temanggung Sujatmiko mengatakan seluruh parpol di Kabupaten Temanggung harus mempersiapkan diri memenuhi persyaratan dan segera menyerahkan seluruh persyaratan dokumen kepada KPU Temanggung pada masa Pendaftaran. "Partai politik wajib mendaftarkan ke KPU selama masa pendaftaran, dan lolos verifikasi untuk menjadi peserta pemilu tahun 2019," katanya.

Dikatakan apabila pada waktu penyerahan dokumen belum lengkap, maka KPU Kabupaten Temanggung tidak akan menerima dan mengembalikan partai politik untuk diperbaiki sampai batas waktu pendafatran berakhir yaitu tanggal 16 Oktober 2016 jam 24.00.

Komisioner KPU Kota Magelang Divisi Teknis Iwan Dono Indarto mengatakan masih menunggu parpol di Kota Magelang untuk mendaftar sampai batas akhir. Meski begitu KPU membuka pintu untuk berkonsultasi tentang pendaftaran dan kelengkapannya. (Osy)

BERITA REKOMENDASI