Hari Kopi Sedunia, Petani Donorejo Tanam Ribuan Bibit

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Puluhan petani kopi Kelompok Wira Tani Mandiri Desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, memperingati Hari Kopi Sedunia dengan menanam 2.000 bibit kopi di kebun desa, Selasa (1/10/2019). Mereka menanami lahan kosong untuk tujuan konservasi. 

Kopi yang ditanam adalah jenis robusta. "Kami menangkar sendiri bibit kopi, ketika sekarang umurnya sudah satu tahun, kami tanam di lahan. Kebetulan sudah memasuki mangsa 'kapat' atau akhir musim kemarau," kata Ketua Kelompok Tani Wira Tani Mandiri Donorejo, Sugiharto, kepada KRJOGJA.com, disela penanaman. 

Menurutnya, penanaman kopi merupakan bentuk syukur warga atas hasil budidaya yang dilakukan selama bertahun-tahun. Sebelum penanaman, petani menggelar doa bersama di rumah seorang warga. Doa juga dipanjatkan kepada para Pahlawan Revolusi yang gugur mempertahankan Pancasila dalam peristiwa G 30 S tahun 1965. 

Setiap petani membawa kurang lebih 200 bibit untuk ditanam di lahan masing-masing. Bibit ditanam dalam rangka perluasan budidaya dan peremajaan tanaman. 

Dikatakan, penanaman juga bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan petani. Tanaman diperkirakan akan berbuah dan memasuki masa panen dua tahun lagi. "Kami ajak petani merawat tanaman dengan baik, sehingga dua tahun lagi bisa panen dengan hasil memuaskan. Jika berhasil, tentu manfaat ekonomi akan dinikmati petani," ungkapnya. 

Kopi menjadi andalan warga Donorejo. Mereka membudidayakan komoditas kualitas ekspor pada lahan seluas 19 hektare di Dusun Jogowono, Katerban dan Denansri. 

Kopi yang dibudidayakan dengan baik, katanya, memiliki nilai ekonomi yang tinggi. "Budidaya sesuai standar dan perlakuan pascapanen yang baik, meningkatkan nilai jual. Petani kelompok kami sudah merasakan hasilnya, biji kopi olahan Donorejo dengan label Kopi Seplawan, bisa tembus ratusan ribu rupiah perkilogram," tandasnya.(Jas)

BERITA REKOMENDASI