Hari Rabies Sedunia, Dispeterikan Beri Vaksin Gratis

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG, KRJOGJA.com – Untuk menekan angka rabies pada hewan peliharaan di wilayah Kabupaten Magelang, Dinas Peternakan dan Perikanan (Dispeterikan) memberikan vaksin secara gratis mulai tanggal 1 hingga 6 Oktober ini. Ada tiga jenis hewan yang mendapat vaksin rabies secara gratis tersebut, meliputi anjing, kucing dan kera atau monyet.

 

Kepala Dispeterikan Kabupaten Magelang, Sri Hartini, Rabu (03/10/2018) mengatakan, kegiatan tersebut dalam rangka memperingati hari rabies sedunia yang jatuh pada tanggal 28 September. "Silahkan bagi masyarakat yang memiliki hewan peliharaan tiga jenis hewan itu, kami siap melayani mulai pukul 07.00-16.00 wib. Kami menyediakan vaksin rabies sebanyak 250 kuota secara gratis, baik anjing, kucing, maupun kera atau monyet," katanya.

Melalui pemberian vaksin rabies ini, kata Sri Hartini, berharap para pemelihara hewan dapat menyadari perlunya memberikan vaksin rabies kepada hewan-hewan peliharaan tersebut, meskipun Kabupaten Magelang tidak masuk dalam wilayah warning rabies.

"Yang kita harapkan agar para pemelihara hewan-hewan peliharaan ini sadar akan bahayanya rabies. Sehingga kita dapat menekan angka rabies, khususnya di wilayah ini," lanjutnya.

Pada kesempatan yang sama, Kabid Kesehatan Hewan dan Masyarakat veteriner, Jhon Manglapi, mengatakan bahwa, meskipun Kabupaten Magelang bukan merupakan kasus rabies, pihaknya tetap berkomitmen untuk melayani masyarakat dalam hal memberikan vaksin rabies.

"Yang pertama kita akan melakukan pengecekan suhu tubuh pada hewan peliharaan tersebut. Kemudian apabila dinyatakan normal, maka akan diberikan vaksin rabies," imbuhnya.

Dalam hal ini, Jhon, juga menghimbau kepada masyarakat untuk lebih mempedulikan hewan peliharaannya. Tidak hanya mau memelihara saja, melainkan juga peduli pada faktor kesehatannya.

"Jadi kami menghimbau kepada masyarakat untuk lebih memperhatikan faktor kesehatan pada hewan peliharaannya, paling tidak, salah satunya memberikan vaksin rabies, ataupun melakukan pemeriksaan-pemeriksaan terkait kesehatan hewan tersebut," pungkas Jhon.

Dalam kegiatan ini, Dispeterikan Kabupaten Magelang juga mengerahkan sebanyak 10 Dokter hewan, dan 5 paramedis untuk melayani masyarakat. (Bag)

BERITA REKOMENDASI