Hari Satwa, Ada Lomba Burung Berkicau di Magelang

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG (KRjogja.com) – Memperingati hari satwa 4 Oktober mendatang, Ketua DPRD Kabupaten Magelang, Saryan Adi Yanto SE akan menggelar lomba burung berkicau di Lapangan drh Soepardi Mungkid, Minggu (18/09/2016). Sejauh ini sudah ada sekitar 1500 penghobi burung yang mendaftar.

 

“Selain dari wilayah Jawa Tengah dan DIY, banyak penghobis burung dari Jawa Timur dan Jawa Barat, bahkan Jakarta yang sudah pesan tiket. Target kami, ada sekitar 2000 penghobis yang mendaftar,” kata Ketua Panitia, Asep DM, Jumat (16/09/2016).

Dikatakan, lomba ini (piala ketua DPRD Kabupaten Magelang) baru pertama kali digelar. “Semoga ini awal yang baik. Harapan kami kedepan, akan masuk dalam kalender rutin khususnya di wilayah Magelang dan umumnya Jateng dan DIY. Apalagi, penghobis burung berkicau disini (Magelang) cukup banyak, sehingga mereka membutuhkan wadah lomba seperti ini,” katanya.

Disisi lain, lanjut Asep, lomba seperti ini bagus untuk mempromosikan potensi Kabupaten Magelang. Apalagi, wilayah ini kaya akan potensi alamnya. “Magelang tidak hanya memiliki candi borobudur saja, tapi juga tempat-tempat wisata lain. Dengan lomba ini, kami yakin potensi itu akan terangkat. Apalagi, peserta yang datang tidak hanya dari wilayah Jateng dan DIY, tapi juga Jatim dan Jabar dan lainnya,” ungkapnya.

Dalam lomba ini, kelas utama pendaftaran Rp 200 ribu dengan jenis burung Muray Batu dan Cucak Ijo, juara pertama akan mendapat uang uang pembinaan Rp 3 juta ditambah piala Ketua DPRD. Sedang kelas Borobudur, pendaftaran Rp 150 ribu jenis burung Muray Batu, Kacer/Poci, Cucak Ijo, Kenari dan Love Bird.

“Untuk kelas ini, akan mendapat uang pembinaan Rp 1,5 juta. Selain kelas Ketua DPRD dan Borobudur, kami juga buka kelas Mendut, Pawon, dan Ngawen. Kenapa kami gunakan nama-nama candi, agar masyarakat  diluar Magelang, semakin mengenal Magelang yang kaya akan situs-situs purbakala khususnya candi,” imbuh Saryan Adi Yanto. (Bag)

BERITA REKOMENDASI