Hasil Panen Terserap Pabrik Pengolahan Kacang

KEBUMEN KRJOGJA.com – Hasil panen kacang tanah petani di sentra-sentra  kacang tanah Kebumen kini berhasil terserap pabrik pengolahan kacang  kulit karena berkualitas bagus. 

"Petani pun tak perlu bersusah payah menjual hasil panennya, karena pedagang langsung datang ke lokasi panen," ujar petani kacang Desa  Gondanglegi Kecamatan Ambal Kebumen, Saryati, di lahannya, Senin  (24/09/2018).

Lamingan, pengepul kacang tanah yang dijumpai di lokasi panenkacang di lahan Saryati mengungkapkan bahwa kacang tanah hasil panenpetani Kebumen di musim kemarau saat ini mayoritas berhasil memenuhi klasifikasi bahan baku pabrik pengolahan kacang tanah.

"Berhasil memenuhi klasifikasi pabrik karena selain umur panennya maksimal, kondisi butiran kacangnya sangat bagus, sehingga tak ditolak oleh pabrik. Berapapun yang kami setorkan ke pabrik, biasanya langsung diterima semua," jelas Lamingan yang menjual kacang tanah petani Kebumen ke dua pabrik pengolahan kacang di kota Gombong.

Adapun harga kacang tanah di tingkat petani di bulan September 2018 ini Rp 5.500,-/kilogram untuk kacang tanah basah dan Rp 9.500,-/kilogram  kacang tanah kering.(Dwi)

BERITA REKOMENDASI