Hasil Uji Lab, Pencemaran Akibat Pabrik Tekstil Mengkhawatirkan

Editor: KRjogja/Gus

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Hasil uji labolatorium, pencemaran di sungai Elo sebagai dampak pembuangan limbah cair dari sebuah pabrik tekstil di Kecamatan Pringsurat Kabupaten Temanggung telah cukup mengkhawatirkan, sebab telah merusak ekosistem.

Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Temanggung Entargo Yutri Wardono mengatakan tim telah beberapa kali mengambil sampel air didekat pembuangan limbah di sungai Elo. Air lantas diteliti di labolatorium di kantor. Hasilnya telah mengkhawatirkan dan berdampak negatif pada ekosistem. Analisis dari parameter yang ada Total Dissolved Solid (TDS) atau total padatan terlarut dalam air sudah melebihi baku mutu,” kata Entargo, Sabtu (12/9)

Dia menyampaikan sampel atau contoh air di kali tersebut terakhir diambil Jumat (11/9). Hasil paramater sementara TDS 7,377 ppt. Dengan hasil itu, besar kemungkinan menyebabkan kematian ikan di kali Elo dan menganggu ekosistem yang ada di kali tersebut, karena nilai dari TDS sendiri sudah melebih baku mutu yang telah ditetapkan.

“ Untuk TDS memang sudah melibihi baku mutu, jadi kemungkinan menyebabkan kerusakan ekosistem dan kematian ikan,” jelasnya.

Dikemukakan tes juga untuk mengetahui kandungan amoniak, Total Suspended Solid (TSS) dan TDS. Untuk uji parameter di lapangan, yang meliputi, suhu sampel udara dan PH air, DHL (Daya hantar listrik), DO serta titik koordinas di lapangan.

BERITA REKOMENDASI