Hendak Berlibur ke Borobudur, 2 Wisatawan Positif Corona dan 29 Reaktif

Editor: Ivan Aditya

MAGELANG, KRJOGJA.com – Sebanayk 2 wisatawan asal Medan dan Tangerang yang akan berlibur ke Candi Borobudur dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. Hal itu didasarkan pada hasil rapid dan swab test yang dilakukan Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang terhadap wisatawan di Halaman Kantor TIC Borobudur sejak Rabu (28/10/2020) hingga Minggu (1/11/2020) mendatang.

Selanjutnya terhadap 2 wisatawan itu diminta melakukan isolasi mandiri dan apabila ada keluhan untuk segera menghubungi fasilitas kesehatan terdekat. “Iya betul. Dari rapid test yang kami lakukan terhadap 150 sasaran hari ini, ada 6 yang reaktif dan 2 yang dinyatakan positif berdasarkan hasil swab test. Selanjutnya, mereka kami minta melakukan isolasi mandiri. Sebanyak 2 yang positif itu berasal dari Medan dan Tangerang,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang, Retno Indriastuti, Jumat (30/11/2020).

Disampaikan Retno, selama 3 hari ini pihaknya telah melakukan rapid test terhadap wisatawan yang akan berkunjung ke sekitar Candi Borobudur sebanyak 455 orang. “Dari 455 wisatawan yang dirapid itu, ada 29 yang reaktif dan 2 yang positif. Rinciannya, hari pertama ada 15 yang reaktif dan 8 pada hari kedua, serta 6 wisatawan pada hari ketiga. Namun dari 6 yang reaktif pada hari ketiga itu, 2 yang positif,” jelasnya.

Sementara update data perkembangan Covid-19 di wilayah ini hingga Jumat (30/10/2020) ada tambahan 3 yang positif. Mereka berasal dari Borobudur, Mertoyudan dan Secang. Namun demikian, ada satu yang dinyatakan sembuh berasal dari Mertoyudan.

BERITA REKOMENDASI