Heroes Park Magnet Baru di Timur Purworejo

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Taman wisata Heroes Park akan menjadi magnet baru destinasi di sisi timur Kota Purworejo. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo mengucurkan anggaran Rp 7,2 miliar untuk menyulap Bumi Perkemahan Arga Putra di Kelurahan Kedungsari Kecamatan Purworejo, menjadi kawasan kemah berkonsep taman pahlawan.

 

Pembangunan tersebut selesai sesuai target pada 4 Desember 2019. "Sisa dua hari lagi, tapi pantauan terakhir kami beberapa hari lalu, pekerjaan sudah lebih dari 98 persen," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Purworejo, Suranto SSos MPA, kepada KRJOGJA.com, Senin (2/12).

Pelaksana pekerjaan tinggal menyelesaikan tahap akhir pembangunan, yakni menanam tanaman hias dan perapian lokasi. Bangunan utama yang direvitalisasi dalam kontrak kerja seperti pendopo, taman, musala, panggung, area kamping, penerangan dan sanitasi, sudah selesai dikerjakan.

Menurutnya, revitalisasi Heroes Park merupakan upaya pemkab menyebar keramaian di wilayah Purworejo. Taman itu akan menjadi pusat kegiatan kepemudaan dan pramuka. "Jika di barat Sungai Bogowonto ada alun-alun, baik di Kutoarjo atau Purworejo, maka di sisi timurnya ada Heroes Park," ucapnya.

Pembangunan juga dalam rangka menangkap peluang Bandara Internasional Yogyakarta (BIY). "Letak Heroes Park akan strategis karena kelak akan dibangun jalan lingkar timur Purworejo, penghubung BIY dengan kawasan Borobudur, di dekat kawasan itu," tuturnya.

Meski belum selesai seratus persen, Heroes Park sudah dikunjungi warga Purworejo. Warga kebanyakan berkunjung pada akhir pekan. "Ada yang momong anak, atau sekedar jalan-jalan. Bahkan kadang sampai malam," ungkap pedagang makanan Losa Ocfisila Widasakti.

Bahkan, beberapa pemuda menyatakan keinginan mereka untuk kamping di Heroes Park itu. Bumi perkemahan, katanya, berbeda dibandingkan sebelum direvitalisasi. Saat ini, lanjut Losa, taman dilengkapi penerangan yang cukup sehingga terang benderang pada malam hari.

Banyaknya pengunjung membuat perekonomian sekitar bergeliat. Sejumlah warga berjualan aneka makanan dan minuman secara kaki lima. "Kami berharap membawa kemakmuran bagi warga sekitar," ujar warga Kedungsari, Susanto.(Jas)

 

 

 

BERITA REKOMENDASI