HIMAGRIN Berdayakan Masyarakat, Angkat Bahan Makanan Lokal

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Minimnya pengetahuan dan kemampuan membuat masyarakat pedesaan tidak mampu memanfaatkan potensi lokal. Padahal potensi itu jika digali dan diolah dapat memberikan hasil dan mampu menghidupi mereka.

Melihat kondisi ini, Himpunan Mahasiswa Agribisnis (HIMAGRIN) Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP) menyelenggarakan pengabdian di Desa Cacaban Lor Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo. Desa yang jauh dari ibu kota kabupaten dan berada di daerah dataran tinggi ini memiliki potensi hasil bumi yang menjanjikan untuk diolah menjadi berbagai macam makanan.  

“Banyak bahan dari alam yang sekilas  tidak bermanfaat, bahkan mengganggu tetapi sesungguhnya memiliki manfaat yang besar,” kata Ketua HIMAGRIN yang sekaligus pemateri pelatihan tata boga Masrukhin, Jumat (15/12/2017).

Dalam pelatihan tata boga ini, para ibu PKK diajak untuk memanfaatkan bahan makanan lokal untuk diolah menjadi makanan sehat. “Kita memanfaatkan jatung pisang dan jamur tiram, diolah dijadikan nugget,” katanya.

Disamping itu juga memanfaatkan akar rumut ilalang diolah menjadi sirup yang bermanfaat bagi kesehatan dan memanfaatkan ubi talas untuk diolah dijadikan brownies yang nikmat.

Kegiatan ini sekaligus untuk mengasah jiwa sosial dan merealisasikan program kerja sekaligus program tahunan. “Dengan agenda ini mahasiswa dapat lebih mengenal kehidupan masyarakat secara langsung,” kata Ketua Panitia Kegiatan Anton.

Begitupun para  petani dapat lebih maju dan hasil panennya meningkat. “Kaum ibu bersama PKK bisa membentuk industri rumah tangga atau agriindustri,” tandasnya. (Nar)

 

BERITA REKOMENDASI