Hindari Anak Putus Sekolah, Dirikan USB

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO (KRjogja.com) – Sebagai upaya untuk menekan angka anak putus sekolah karena minimnya sarana prasarana (sarpras) sekolah di daerah pinggiran, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo berencana untuk mendirikan Unit Sekolah Baru (USB) negeri, SMA maupun SMK di wilayah itu. Terutama daerah yang jangkauannya jauh dari wilayah perkotaan seperti di Kecamatan Kaligesing.

“Hingga saat ini di Perbukitan Menoreh ini belum ada SMA maupun SMK negeri, yang ada baru SMA swasta. Pemkab akan mengusahakan agar Kaligesing memiliki SMA atau SMK negeri,” kata Asisten Administrasi dan Kesra Setda Purworejo Drs H Muh Wuryanto MM, Senin (11/9).

Upaya mendirikan USB ini lanjut Muh Wuryanto di sela-sela peletakan batu pertama pembangunan gedung SMK Maarif NU Kaligesing dan Pondok Pesantren (PP) Daarud Tauhied 9 di Desa Tawangsari Kecamatan Kaligesing, agar menarik minat pelajar lulusan SMP dari wilayah ini untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan SMA atau SMK. “Harapan kami pelajar lulusan SMP tidak putus sekolah karena alasan sekolah jauh,” katanya.

Hanya saja lanjut Muh Wuryanto, untuk mendirikan USB ini membutuhkan waktu karena saat ini kewenangan mendirikan SMA maupun SMK menjadi kewenangan gubernur.

“Namun jika sebelumnya sudah ada masyarakat maupun lembaga swasta lain mendirikan USB  tentu kita dukung. Masalah perizjinan tidak akan dipersulit, hanya membutuhkan waktu saja,” tandasnya. (Nar)

BERITA REKOMENDASI