Hindari Kerumunan, Lions Club ‘Door To Door’ Bantu Warga Dhuafa

Editor: KRjogja/Gus

WONOSOBO, KRJOGJA.com – Lions Club (LC) Wonosobo Dieng punya cara jitu dalam upaya mereka meringankan beban warga kurang mampu yang saat ini makin terpuruk akibat terbatasnya akses usaha di tengah masa pandemi virus corona (Covid-19). Demi menaati aturan agar proses penyerahan bantuan tak sampai mengundang kerumunan massa, para pengurus organisasi nirlaba internasional itu mendatangi langsung warga duafa penerima bantuan ke rumah masing-masing, Sabtu (4/4/2020).

Penasehat LC Dieng Wonosobo Agus Purnomo, saat ditemui di sela penyerahan bantuan untuk keluarga Mislam (42), tukang pijat tunanetra yang bermukim di Kampung Sudagaran, menyebut bahwa aksi sosial ini merupakan bentuk kepedulian organisasi terhadap kondisi warga yang terdampak pandemi Covid-19. Menurutnya, saat ini sudah banyak pelaku usaha kecil yang mengeluhkan sepinya usaha mereka karena warga lebih banyak yang tinggal di rumah.

Kondisi tersebut, menurut Agus, jelas membuat warga yang biasa menggantungkan hidup dari usaha harian menanggung beban kerugian karena minimnya pendapatan. “Contohnya pak Mislam ini, sebelum adanya wabah Covid-19 setiap hari ada pasien yang datang karena butuh jasa pijatnya, tapi sejak adanya pembatasan pergerakan warga, sudah hampir 2 minggu terakhir tidak ada satupun pasien datang,” bebernya.

Menyikapi hal itu, lanjut Agus, jajaran pengurus LC Dieng Wonosobo secara bertahap akan terus menyalurkan bantuan berupa paket kebutuhan pokok seperti beras, minyak goreng, gula pasir hingga mie instan untuk kaum dhuafa dan difabel. Selama sehari, ia bersama pengurus dan koordinator TKSK Kabupaten Wonosobo Tri Purwanto menyerahkan tak kurang dari 123 paket sembako kepada pedagang keliling, kusir dokar, ojek pangkalan, hingga kaum disabilitas.

BERITA REKOMENDASI