HKDK 2021, Rutan Kelas IIB Purworejo Gelar Bakti Sosial

Editor: Agus Sigit

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Purworejo menyelenggarakan bakti sosial dalam rangka Hari Dharma Karya Dhika (HKDK) 2021. Rutan mengadakan vaksinasi Covid-19, membagikan paket sembako, dan donor darah.
kegiatan vaksinasi menyasar warga binaan dan masyarakat umum. Vaksinator dari Puskesmas Mranti menyiapkan 300 dosis vaksin Astrazeneca untuk warga.

Kepala Rutan II B Purworejo Mukaffi mengatakan, vaksinasi tersebut diselenggarakan dalam rangka Hari Dharma Karyadhika tahun 2021. “Kami ingin membantu pencapaian kekebalan komunal dengan vaksinasi di rutan. Selain itu, harapan kami bisa memecah kerumunan karena vaksinasi tidak dilakukan di satu titik saja,” tuturnya kepada KRJOGJA.com, Minggu (31/10).

Selain vaksinasi, Rutan Purworejo juga menyelenggarakan bakti sosial dengan membagikan sembako kepada warga terdampak pandemi dan pegawai rutan yang keluarganya meninggal dunia akibat paparan virus.

Menurutnya, pandemi berdampak pada seluruh sendi kehidupan masyarakat. “Semua terdampak, pendapatan menurun, maka tidak ada salahnya kami berbagi sedikit rezeki dengan masyarakat yang terdampak langsung pandemi,” tuturnya.

Adapun untuk donor darah, Rutan Purworejo menggandeng PMI, TNI, dan Polri. “Selain beberapa pegawai kami, unsur TNI dan Polri yang juga mitra Rutan Purworejo, diundang untuk hadir mendonorkan darah,” katanya.

Tenaga kesehatan Rutan Purworejo Endah Lutfiana menambahkan, sebanyak 156 dosis vaksin disuntukkan kepada 66 warga binaan dan 90 masyarakat umum. Vaksinasi dilaksanakan dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan ketat.

Peserta vaksinasi, Ajeng Septri Anggraini menuturkan, vaksinasi di Rutan Purworejo adalah pemberian dosis pertama. Adapun untuk dosis kedua, katanya, akan dijadwalkan di Puskesmas Mranti. “Meskipun awalnya takut, tapi sekarang harus divaksin, agar sehat dan bisa pergi ke mana-mana,” tandasnya.(Jas)

 

BERITA REKOMENDASI