Hongaria dan Swedia Tertarik Gula Semut Purworejo

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO (KRjogja.com) – Produk gula semut petani Kabupaten Purworejo yang selama ini sudah berhasil menembus pasar ekspor ke berbagai negara, kini kembali mendapat tawaran dari Hongaria dan Swedia. Perwakilan kedua negara itu tertarik dengan gula semut Purworejo setelah mengunjungi langsung tempat produksi gula semut di pusat produksi gula Koperasi Wanita (Kopwan) Srikandi di Kelurahan Cangkrep Purworejo, Minggu (25/3).

Kopwan Srikandi memproduksi gula semut dari para petani di berbagai wilayah kecamatan di Kabupaten Purworejo dan Wonosobo. Gula semut produk Purworejo melalui Kopwan Srikandi telah menembus beberapa negara, terutama Colombia. “Satu minggu sekali kita rata-rata mengeskpor gula semut 17,25 ton,” kata Ketua Kopwan Srikandi Sri Susilowati SE disela-sela menerima kunjungan Direktor Oriental Business and Innovation CTR BGE Universiti Prof Dr Tamas Novak.

Dari Hongaria Tamas Novak berkunjung ke Purworejo bersama Prof Dr Istven Abel dan Mr Szillard Boros, pejabat tinggi senior official Bank Central Hongaria dan Mr Martin Jacobson dari Swedia.

Sebelumnya mereka singgah di pendapa rumah dinas bupati sekaligus mengunjungi pameran hasil kerajinan. Di tempat ini mereka juga tertarik dengan kopi rabusta produk Kaligesing Purworejo dan batik Purworejo serta meubeler.

“Batik saya sangat senang, batik Purworejo cukup menarik,” kata Tamas Novak.

Selain itu, kopi juga sangat menarik. Sebab di negaranya kopi yang disajikan bukan kopi asli, namun gula pasir yang dicampur serbuk warna coklat sehingga mirip kopi. (Nar)

BERITA REKOMENDASI