Hujan Belasan Jam, Puluhan Rumah di Butuh Kebanjiran

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Hujan lebat belasan jam di Kabupaten Purworejo menyebabkan sejumlah desa di Kecamatan Butuh Kabupaten Purworejo tergenang banjir, Rabu (16/1/2019). Genangan bersumber dari limpasan air sawah serta beberapa sungai yang melintasi dua kecamatan itu. 

Banjir mulai menggenang pada Rabu pagi. Berdasar pantauan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purworejo, banjir dilaporkan terjadi di Desa Klepu,Tegalgondo, Wironatan dan Kedungagung.  
Kasi Kedaruratan BPBD Purworejo Sigit Ahmad Basuki mewakili Kepala Pelaksana BPBD Sutrisno mengemukakan, tidak ada tanggul sungai yang jebol akibat hujan lebat itu. "Tanggul aman, tidak ada yang jebol. Genangan karena sawah tidak sanggup menampung air hujan," ujarnya kepada KRJOGJA.com. 

Sebanyak 20 rumah di Klepu tergenang banjir setinggi kurang lebih 20 sentimeter. Air juga menggenangi ruas Klepu – Pituruh. Akses tersebut untuk sementara ditutup dan dialihkan melewati jalan desa di depan SPBU Klepu. "Untuk jalan nasional kondisi tetap lancar," ucapnya. 

Genangan di Wironatan dan Tegalgono, lanjutnya, juga akibat limpasan air sawah. Tim kedaruratan terus melakukan pendataan keluarga terdampak genangan. Sementara banjir di Desa Kedungagung akibat air Sungai Dlangu melimpas melewati tanggul.(Jas)

BERITA REKOMENDASI