Hujan Deras di Magelang, Pohon Tua Tumbang Timpa Rumah

MAGELANG, KRJOGJA.com – Hujan deras bercampur angin kencang terjadi di Kota Magelang, Senin (16/12/2019). Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun beberapa rumah penduduk di kawasan kaki Gunung Tidar masuk wilayah Kelurahan Magersari mengalami kerusakan di bagian atap. Bahkan di wilayah Kelurahan Gelangan Kota Magelang ada sebuah pohon yang roboh dan menimpa rumah warga. Hingga Senin malam sekitar pukul 21.00 wib proses pembenahan pohon masih berlangsung.

Baca Juga: Evakuasi Pohon Tumbang, Relawan Digigit Ular

Di wilayah Kelurahan Magersari, tepatnya di kawasan RT 3 RW 7 Magersari, beberapa rumah warga mengalami kerusakan di bagian atap rumahnya, baik genteng maupun asbes atau seng. Ini seperti yang terlihat pada rumah Budi, Priyatmo, Poniman, Suroto dan Lilik. Info yang diperoleh KRJogja.com di lokasi kejadian, Senin malam, rumah warga di wilayah RT lain juga ada yang terkena dampak. 

Sebelumnya warga langsung melakukan kerja bakti membenahi bagian atap beberapa rumah warga yang terdampak angin kencang bercampur hujan deras. Bahkan beberapa genteng yang ada di Ruang Kelas VI dan ruang perpustakaan SDN Magersari 3 juga ada yang terkena dampak. Hingga Senin malam belum dibenahi dan baru akan dibenahi Selasa (17/12/2019).

Beberapa warga kepada KRJogja.com mengatakan sebelumnya cuaca sangat cerah dan terasa cukup panas. Namun tanpa diduga beberapa saat kemudian cuaca berubah mendung, dan beberapa saat kemudian turun hujan yang disertai tiupan angin kencang. Salah satu warga mengatakan dirinya sempat menyaksikan adanya seng yang ada di atap rumah warga ikut terbawa angin yang berputar-putar. Kejadiannya tergolong singkat, sekitar 2-4 menit. 

Baca Juga: BNPB Luncurkan 'Kibar Pataka di Selatan Jawa'

Tidak hanya atas rumah warga, atap bangunan SDN Magersari 3 juga ada yang terlepas gentengnya. Ini seperti yang terjadi di atap ruang Kelas VI dan ruang pepustakaan sekolah. Hingga Senin malam belum dilakukan pembenahan. Rencananya pembenahan akan dilakukan Selasa (17/12/2019) besok. 

Sementara itu sebuah pohon yang usianya puluhan tahun di tengah pemukiman warga di wilayah RT 3 RW 4 Kelurahan Gelangan Kota Magelang roboh dan mengenai rumah yang ada di dekatnya. "Robohnya pohon tersebut terjadi sekitar pukul 17.30," kata Ketua RT 3 RW 4 Kelurahan Gelangan Partono (54) saat ditemui KRJogja.com. 

Didampingi Ketua RW 4 Kelurahan Gelangan Sugeng Joko Suwarno (70) dan Kepala Kelurahan Gelangan Sugeng Sunarso, Partono menambahkan hujan deras bercampur angin kencang juga sempat terjadi di wilayah tersebut. Hanya saja robohnya pohon tersebut terjadi setelah hujan mulai reda. (Tha)

BERITA REKOMENDASI