Hujan Sukses Padamkan Kebakaran Gunung Sumbing

WONOSOBO, KRJOGJA.com – Api yang berkobar di Gunung Sumbing dipastikan benar-benar padam setelah beberapa hari dilakukan operasi pemadaman. Apalagi, hujan juga telah mengguyur hingga tak ada lagi asap mengepul dari sisa-sisa kebakaran.

"Api sudah benar-benar padam. Kemarin itu juga sudah padam, tapi kita pastikan lagi dengan naik ke lokasi. Sudah tidak ada titik api lagi. Apalagi siang kemarin juga hujan lumayan deras," kata Kabag Ops Polres Wonosobo, Kompol Sutomo, Jumat (21/9/2018).

Dia menjelaskan, kebakaran hutan dan lahan di kawasan Gunung Sumbing ysng berada di wilayah Wonosobo terdapat di Petak 23. Petugas gabungan Polri, TNI, sejumlah instansi terkait, dan relawan setiap hari harus naik turun gunung untuk melakukan operasi pemadaman

Bukan perkara mudah, karena petugas harus melalui jalur pendakian berkelok dan terjal. Titik api yang berada di ketinggian sekira 2.700 mdpl membuat petugas harus menguras tenaga untuk berjalan kaki selama dua sampai tiga jam.

"Setelah sampai lokasi kita melakukan pemadaman dengan cara manual. Gepyokan (memukul titik api dengan kayu dan dedaunan). Kita juga harus hati-hati agar tak terperosok ke jurang. Banyak sekali jurang, kedalamannya mencapai 30 meter," kenangnya.

Dengan padamnya api di Gunung Sumbing, dia berharap tak ada kebakaran hutan karena tak hanya merusak vegetasi tetali juga mematikan hewan-hewan. Selain itu, polisi juga mengimbau warga untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar hutan.

"Bagi warga semua tolong jangan membakar hutan dengan alasan membuka lahan untuk bercocok tanam. Mari kita jaga alam lingkungan kita bersama," pungksnya. (*)

BERITA REKOMENDASI