Hutan Bukit Telon Jati Terbakar

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Hutan rakyat di Bukit Telon Desa Jati Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo, Jumat (19/10) malam. Api berhasil dikendalikan setelah warga dibantu TNI, Polri dan pemadam kebakaran berhasil menjangkau lokasi kebakaran.

 

Api mulai terlihat oleh warga sekitar pukul 18.30. "Warga melapor kepada pemerintah desa, dan dilanjutkan ke kecamatan," ujar Komandan Koramil 13 Bener Kapten Sutrisno. kepada KRJOGJA.com, Sabtu (20/10).

TNI menerjunkan pasukan untuk memadamkan api dan mencegah kebakaran meluas. Namun beratnya medan menyebabkan upaya pemadaman hanya bisa dilakukan secara manual.

Tim gabungan memadamkan api dengan alat seadanya. "Api berhasil dikendalikan kobaran sudah padam," katanya.
Berdasar penuturan beberapa saksi, api diduga bersumber dari puntung rokok yang dibuang warga di hutan. Kondisi kering dan angin kencang menyebabkan api membesar.

Terpisah, Kabid Kesiapsiagaan dan Pencegahan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purworejo Edi Purwanto menambahkan, kebakaran lahan selalu akibat ulah manusia. Beberapa peristiwa kebakaran lahan terjadi di Kecamatan Bener, Bruno, Kaligesing dan Bagelen sepanjang musim kemarau 2018. "Kami imbau warga tidak sembarangan buang puntung rokok sembarangan dan jangan bakar sampah sembarangan. Kalaupun terpaksa membakar, harus ditunggu sampai api betul-betul padam," tandasnya.(Jas)

 

BERITA REKOMENDASI