Hutan Jati Kalirejo Bagelen Terbakar

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Kebakaran lahan dan hutan mengintai masyarakat Kabupaten Purworejo. Hutan jati di Desa Kalirejo Kecamatan Bagelen ludes terbakar, Rabu (15/8) malam.

Kebakaran di Kalirejo terjadi pada lahan seluas kurang lebih 1,5 hektare di Bukit Kuniran dan Bukit Gapit di sisi timur desa. Api terlihat oleh warga pada Rabu (14/8) sekitar pukul 19.00. "Saksi melihat ada enam titik api membakar wilayah perbukitan itu," ujar Kasi Pemadam Kebakaran (Damkar) Kantor Satpol PP dan Damkar Purworejo, Rubino, mewakili Kepala Satpol PP dan Damkar Budi Wibowo, kepada KRjogja.com, Kamis (15/8).

Saksi tersebut melapor kepada tokoh warga setempat dan dilanjutkan menghubungi Damkar Purworejo. Petugas datang ke lokasi lokasi membawa satu mobil pemadam.

Namun kendaraan tidak bisa menjangkau titik api sehingga diputuskan melakukan pemadaman secara manual. Proses dibantu warga, polisi, TNI dan personil Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Pemadaman berakhir sekitar pukul 22.30.

Kasi Kedaruratan BPBD Purworejo Iman Tjiptadi menuturkan, sebanyak enam personil BPBD diterjunkan membantu pemadaman api. BPBD juga membawa tiga alat pemadam api ringan. Menurutnya, terjalnya medan menyulitkan pemadaman api.

"Kami naik-turun bukit menjangkau api. Titik api lokasinya terpencar," katanya. (Jas)

 

BERITA REKOMENDASI