IAIN Salatiga Siap Naik Kelas jadi Universitas

SALATIGA, KRJOGJA.com – Jumlah mahasiswa di IAIN Salatiga saat ini mencapai 12.000 orang dan direncanakan untuk menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga.

“Persyaratan untuk berubah status dari IAIN menjadi UIN Salaitga sudah terpenuhi. Seperti jumlah mahasiswa yang minimal 10.000 orang, saat ini mahasiswa di IAIN Salatiga justru sudah terlampaui, kurang lebih 12.000 orang,”jelas Rektor IAIN Salatiga, Prof DR Zakiyuddin Baidhawy kepada wartawan, Selasa (14/05/2019).

Ia juga mengatakan berdasarkan mandat dari induk pengembangan kampus, rencana perubahan status IAIN Salatiga menjadi UIN akan dilaksanakan pada 2020. Namun IAIN Salatiga berusaha mengajukan proposal peningkatan status pada 2019 ini. 

Kendati demikian, kata Rektor masih ada kendala, berkaitan dengan syarat jumlah doktor dan profesor. IAIN Salatiga sudah memiliki 48 doktor, sedangkan untuk jumlah  profesor aturannya semakin ketat. “Kami menargetkan untuk menambah delapan profesor, atau setiap tahun tambah dua profesor,” kata Zakiyuddin.

Terkait peningkatan kualitas pendidikan, Zakiyuddin, pada periode ini program studi yang terakreditasi A harus lebih dari 50 persen. Saat ini luas lahan IAIN Salatiga di Jalan Lingkar Selata (JLS) mencapai 45 hektare. (Sus)

 

BERITA REKOMENDASI