IIKK TWC Lakukan Gerakan Indonesia Bersih di Borobudur

MAGELANG, KRJOGJA.com – Kepedulian Ikatan Isteri Karyawan dan Karyawati PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (IIKK TWC) terhadap lingkungan dilakukan dalam Gerakan Indonesia Bersih bertemakan Indonesia Minim Plastik. Ini seperti yang di kompleks Taman Wisata Candi Borobudur Magelang, Kamis (19/9/2019), dan berlangsung hingga sore. Dalam rangkaian kegiatan ini juga dilakukan pemberian ketrampilan mengubah plastik menjadi hiasan cantik. 

Ketua IIKK TWC, yang juga Ketua IIP BUMN DIY, Heriyanti Suzana Edy Setijono kepada wartawan di sela-sela kegiatan diantaranya mengatakan sosialisasi pengurangan plastik untuk kehidupan sehari-hari dilakukan, Kamis. Selain melakukan sosialisasi kepada keluarga IIKK TWC, juga dilakukan kepada PKK Kabupaten Magelang, tentang bahaya plastik yang saat ini sudah saat urgen untuk meminimalisasi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari.

Kepada pengunjung Candi Borobudur, juga dibagikan kantong belanja yang dapat dimanfaatkan kembali untuk mengganti tas plastik yang dibawa para pengunjung ke kawasan Taman Wisata Candi Borobudur. Dari kegiatan ini diharapkan masyarakat peduli terhadap lingkungan dan dapat mengurangi penggunaan plastik.

Dikatakan, plastik juga dapat mengganggu lingkungan, khususnya di kawasan Candi Borobudur. Pengunjung berharap kawasan Candi Borobudur dapat terjaga kebersihannya, demikian juga terjaga lingkungan hijaunya. Apabila di kawasan ini banyak ditemukan sampah, juga akan dapat mengganggu pandangan dan mengganggu lingkungan.

Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat meminimalisir penggunaan plastik. “Besar harapan kami, masyarakat dapat beralih dari plastik ke bahan yang ramah lingkungan, dan sekaligus menjadi salahsatu motivasi mengumpulkan sampah plastik yang kemudian diolah menjadi barang bernilai jual tinggi”, katanya.

Juga dikatakan banyak tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan ini. “Kami ingin memberikan pengetahuan kepada masyarakat luas akan bahaya plastik bagi kesehatan dan lingkungan, sehingga dapat menumbuhkankan kesadaran akan pentingnya pengelolaan sampah terutama sampah plastik, serta meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengurangi dan menghentikan penggunaan produk berbahan plastik”, katanya.(Tha)

BERITA REKOMENDASI