IKM di Kebumen Dilatih Membuat Keripik Pare

KEBUMEN, KRJOGJA.com – Guna meningkatkan kapasitas para pelaku industri kecil  makanan (IKM) berbahan baku hasil pertanian di Kebumen, Dinas Perindustrian  dan Perdagangan (Diperindag) Kebumen menggelar pelatihan pembuatan beberapa  jenis makanan olahan yang tergolong inovasi baru kepada puluhan pelaku IKM  Kecamatan Adimulyo dan Karanggayam  Kebumen.

"Dalam pelatihan selama 4 hari belum lama ini kami kenalkan beberapa jenis  makanan olahan inovasi baru yang belum pernah diproduksi IKM di Kebumen.  Namun, bahan bakunya tersedia secara melimpah di desa mereka, yaitu Desa Pekuwon  Kecamatan Adimulyo sebagai penghasil singkong dan Selogiri Kecamatan Karanggayam sebagai penghasil singkong dan talas," ungkap Kabid Perindustrian Disperindag  Kebumen, Didik Praptiastuti MSi, di ruang kerjanya, Kamis (20/09/2018).

Adapun jenis-jenis makanan olahan inovasi baru yang diperkenalkan kepada peserta pelatihan adalah keripik kulit singkong, keripik pare, keripik lompong talas, keripik talas aneka rasa dan getuk dari campuran singkong dan talas.

"Dengan dikenalkan terhadap jenis-jenis makanan olahan inovasi baru tersebut  diharapkan peserta pelatihan tergugah untuk lebih berkreasi dalam mengolah hasil-hasil pertanian di desa mereka," ujar Didik. (Dwi)

BERITA REKOMENDASI