Ikuti Zaman Irama FM Modifikasi Program

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Irama FM melakukan perubahan program siaran. Radio itu membuat program baru dan memodifikasi program lama untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman.

Plt Direktur Utama LPPL Irama FM Ulik Sri Widiatmi mengatakan, penyesuaian dikerjakan mengingat kondisi yang sudah berubah. “Kalau radio tidak mengikuti perkembangan zaman, pasti akan ditinggalkan pendengarnya,” ungkapnya kepada KRJOGJA.com, disela peringatan ulang tahun Irama FM ke 51, Kamis (25/06/2020).

Program baru yang dibuat antara lain Romansa Purworejo berupa liputan mendalam tentang destinasi wisata Purworejo dan Banyolan Tematik (Batik) Purworejo atau siaran komedi yang menyajikan materi berupa hiburan serta pengetahuan. Selain itu, LPPL menghidupkan kembali Lembar Sastra Budaya untuk merangkul pendengar dari komunitas seni, dan membuat berbagai program dialog interaktif dengan isu kekinian.

“Kami juga memodifikasi program Melodi Memori dengan memperdengarkan lagu-lagu lama, era 90-an, tidak lagi lagu yang terlampau jadul,” ungkapnya.

Sumber daya manusia juga menjadi perhatian manajemen. Menurutnya, penyiar wajib memiliki karakter dan memberi nilai tambah bagi pendengar ketika siaran. “Tidak sekedar siaran memandu lagu dan kirim salam saja, tapi penyiar itu harus memiliki pengetahun luas tentang berbagai hal yang sedang jadi perbincangan masyarakat,” tegasnya.

Sementara itu, Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM mengemukakan, radio harus semakin maju dan mampu mengikuti perkembangan zaman. Menurutnya, tantangan sekarang adalah teknologi dan bagaimana merangkul pendengar milenial. “Tapi tetap tidak meninggalkan kearifan lokal,” ujarnya. (Jas)

BERITA REKOMENDASI