Imbas Corona, Dua Pelatihan UMKM Kebumen Ditunda

Editor: KRjogja/Gus

KEBUMEN, KRJOGJA.com – Dampak kondisi darurat Corona saat ini, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kebumen harus menunda program pemberdayaan UMKM (usaha mikro kecil menengah) Kebumen 2020.

“Kedua program yang ditunda tersebut adalah pelatihan terkait fashion dan pelatihan terkait manajemen atau ‘GMP’ yang melibatkan puluhan pemilik UMKM Kebumen,” ungkap Kabid Perindustrian Disperindag Kebumen, Didik Praptiastuti MSi, di ruang kerjanya, Senin (06/04/2020).

Kebijakan penundaan tersebut menurut Didik dilakukan demi mencegah penularan Covid-19, mengingat kegiatan dilakukan dalam sebuah ruangan dan berlangsung selama beberapa hari. Apalagi pesertanya berasal dari desa-desa yang tersebar di sejumlah kecamatan di Kebumen.

Pelatihan terkait fashion semula direncanakan selama 3 hari pada 17 Maret sampai 19 Maret 2020, yang diikuti 30 orang penjahit dan perajin konveksi di Kebumen.

Adapun pelatihan ‘ GMP’ (good manufacturing practice) direncanakan digelar selama 5 hari pada 16 Maret sampai 20 Maret 2020, diikuti 25 orang pemilik usaha mikro, kecil dan menengah Kebumen. Selain dilatih di suatu ruangan, pelatihan ‘GMP’ dilengkapi pula dengan kunjungan lapangan ke sebuah perusahaan di luar Kebumen.

” Dengan gambaran program seperti itu, maka kami berpandangan kedua kegiatan itu ditunda saja waktu pelaksanaannya,” ujar Didik. (Dwi)

BERITA REKOMENDASI