Industri Rokok Harus Ada Imbal Balik Positif pada Rakyat

Editor: Agus Sigit

Plt Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian Putu Juli Ardika mengatakan mengimbau pada industri rokok untuk membantu petani dengan mempercepat penyerapan dan harga dinaikkan.

” Apalagi saat ini hujan sudah mulai turun. Sudah mendung dan nanti akan berpengaruh sekakli dengan kualitas tembakau. Sehingga sebelum musim hujan turun diharapkan bahwa tembakau sudah terserap oleh industri rokok,” kata dia.

Pimpinan perwakilan pabrik rokok PT Gudang Garam Kediri di Temanggung Tjong Giong mengatakan penyerapan tembakau rajangan kering dari rakyat yang dilakukan oleh PT Gudang Garam sebenarnya sudah cepat. Hingga tenaga pencocokan sample tembakau dengan barang masuk kuwalahan dan tidak mampu lagi untuk menangani.

” Pembelian sebenarnya sudah cepat, tembakau yang masuk ke gudang harus antre apalagi ada diterapkan protokol kesehatan, tembakau masuk ada yang sampai tertunda-tunda,” kata Tjong Giong, Jumat

Dia mengatakan penyerapan terus dilakukan, dalam satu hari rata-rata antara 9 sampai 10 ton. Harapan cuaca panas agar kualitas tembakau juga baik. (Osy)

 

BERITA REKOMENDASI