Inovasi Penerapan Prokes, ‘Si Prokes’ Dilirik BPBD Temanggung

Editor: KRjogja/Gus

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung meluncurkan sistem protokol kesehatan (Si Prokes). Si Prokes bilik yang mengintegrasikan pengecekan suhu tubuh, penggunaan masker dan cuci tangan secara otomatis.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Temanggung Dwi Sukarmei mengatakan Si Prokes diciptakan atas keprihatinan mengendurnya penerapan protokol kesehatan di fasilitas umum dan instansi pemerintah.

” Warga terkadang lolos dari petugas dalam pemeriksaan suhu tubuh, penggunaan masker dan cuci tangan, saat masuk pertokoan atau perkantoran,” kata Dwi Sukarmei, Kamis (29/4).

Dwi Sukarmei menjelaskan dengan Si Prokes warga tidak mungkin lolos, sebab semua harus melewati bilik, baik ketika ada petugas maupun tidak. Tahapan yang dilewati, terangnya, sebelum masuk pengunjung wajib memakai masker, cek suhu tubuh dengan alat thermogun dan cuci tangan secara otomatis, setelah itu keluar bilik.

” Alarm akan menyala jika seseorang tidak mematuhi protokol kesehatan, pun palang penghalang tidak akan membuka,” kata dia.

Dia mengatakan bahan pembuatan Si Prokes dari barang tidak terpakai di gudang atau limbah. Maka itu biaya dapat ditekan, total berkisar ratusan ribu saja.

Bilik terangnya juga bisa dibongkar pasang sehingga bisa dipindahkan disesuaikan kebutuhan. Misal untuk dipasang di lapangan, instansi pemerintah, pertokoan bahkan saat mantenan.

BERITA REKOMENDASI