Instruksi Bupati, Pemudik Wajib Lapor Satgas Desa/Kelurahan

WONOSOBO, KRJOGJA.com – Sebagai langkah antisipasi kedatangan para pemudik pada perayaan Lebaran tahun ini, Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat menerbitkan Instruksi Bupati (Inbup) No 645 Tahun 2021 berisi petunjuk dalam penanganan pemudik selama Ramadan dan Idul Fitri 1442 H. Melalui Instruksi tersebut, para Kepala Desa/Lurah se-Wonosobo diwajibkan untuk melaporkan kedatangan pemudik di wilayah mereka masing-masing kepada Satgas Covid-19 Kecamatan dan diteruskan ke Satgas Covid-19 Kabupaten Wonosobo.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengedalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Wonosobo Dr Jaelan, Selasa(27/4/2021), menjelaskan berdasarkan pada Inbup tersebut, para pemudik diwajibkan untuk memenuhi persyaratan, antara lain bebas Covid-19 dengan menunjukkan hasil tes Swab PCR atau Rapid Antigen maupun Ge-Nose.

Bagi pemudik yang tidak dapat menunjukkan hasil tes salah satu dari ketiga jenis uji Covid-19 tersebut, maka akan langsung diminta untuk menjalani tes di fasilitas kesehatan terdekat dengan biaya mandiri.

BERITA REKOMENDASI