IPAL Batik Permanen Dibangun di Dukuh Tanuraksan

KEBUMEN, KROGJA.com – Sebuah instalasi pengolah limbah (ipal) batik permanen berhasil dibangun Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Jawa Tengah di sentra batik Dukuh Tanuraksan Desa Gemeksekti Kebumen.

"Sejak selesai dibangun awal Desember 2019 lalu ipal ini sudah
beberapa kali diujicobakan dan uji coba berhasil dengan baik," ujar Kabid Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (Disperkimlh) Kebumen,  Siti Durotul Yatimah MP, di ruang kerjanya, Kamis (19/12/2019).

Dia menjelaskan bangunan ipal batik yang berada di dekat sejumlah unit usaha pembuatan kain batik di Dukuh Tanuraksan tersebut terdiri dari bak penampung limbah pewarna batik, bak pengolahan limbah dan bak penampung limbah yang sudah dinetralkan.

Disperkimlh Kebumen yang mendapatkan tugas untuk menginventarisasi perajin batik Tanuraksan, mengelompokkan sekitar 150 perajin batik  Tanuraksan ke dalam 11 kelompok. Kelompok-kelompok tersebut diharuskan  untuk membuang limbah batik mereka  di 11 lokasi yang sudah ditentukan.  

"Dengan demikian, perajin sudah tak membuang limbahnya sembarangan  dan mencuci kain yang diwarnai di saluran irigasi ataupun ke  Sungai Luk Ulo. Bak penampung limbah ipal terhubung dengan 11 titik  yang digunakan untuk pewarnaan, pencucian batik yang sudah diwarnai dan pembuangan limbah tersebut," papar Siti. (Dwi)

BERITA REKOMENDASI