Irigasi Modern Dioperasikan dengan HP Android

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Warga Desa Kepuh di Kecamatan Kutoarjo Kabupaten Purworejo berhasil membangun sarana dan prasarana (sarpras) pompa air irigasi. Pompa air ini berteknologi terkini, dan dapat dioperasikan hanya dengan menggunakan hand phone (HP) android.

Pembangunan sarpras dua pompa irigasi senilai Rp 165 juta ini merupakan inisiatif desa guna mempermudah petani dalam mendapatkan air untuk mengairi sawah. “Para petani selama ini kesulitan mendapatkan air, meskipun musim penghujan yang datangnya juga tidak menentu,” kata Parjono, salah seorang warga yang juga petani, Rabu (22/07/2020).

Dalam pemanfaatan sarpras pengairan ini nantinya petani hanya akan dikenakan biaya Rp 5.000 untuk mendapatkan air selama satu jam. “Satu pompa air ini dapat menghasilkan air antara 8 hingga 10 liter per detik. Ini lebih efisien jika dibanding menyewa pompa air secara mandiri,” jelasnya.

Penggunaan pompa air ini diresmikan Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM yang sekaligus mengapresiasi petani dalam berinovasi untuk pengairan lahan pertanian.

“Ini merupakan inovasi yang cukup baik, diharapkan dengan adanya pompa air ini para petani dapat terbantu dalam pemenuhan kebutuhan air,” katanya.

Diharapkan pula, kedepan hasil panen dapat lebih baik lagi. Apalagi kebutuhan air sudah bisa disuplai secara rutin. Bahkan bisa lebih intens dari irigasi teknis yang terkadang ketersediaan airnya kurang. (Nar)

BERITA REKOMENDASI