Jadi Sekolah Adiwiyata SD Terpadu Ma’arif Gunungpring Kunjungi Bank Sampah 

Editor: Ary B Prass

MAGELANG, KRJOGJA.com –  SD Terpadu Ma’arif Gunungpring Muntilan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Rabu (16/2/2022) diwakili oleh Tim Adiwiyata, melakukan kunjungan ke Bank Sampah Sumber Rejeki yang berada di Desa Adikarto, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang. Dalam acara ini, tim Adiwiyata SD Terpadu Ma’arif Gunungpring melakukan pengamatan dan mempelajari cara pengolahan sampah melalui gerakan 3 R dan pemilahan sampah.
Ketua Rombongan, Subarjo, S.Pd menyampaikan, bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat untuk menunjang kegiatan Adiwiyata yang sedang digalakkan di SD Terpadu Ma’arif Gunungpring. “Harapannya bank sampah SD Terpadu Maarif Gunungpring Berseri (Bersih, sehat, dan Asri) yang telah ada selama ini dapat berkembang sebagaimana bank sampah Sumber Rejeki tersebut, sehingga dapat mengolah sampah sekolah dan lingkungan masyarakat sekitar,” katanya.
Disampaikan, SD Terpadu Ma’arif Gunungpring sejak 2008 sudah melaksanakan kegiatan keadiwiyataan. Dimulai dengan partisipasinya dalam Karnaval Kecamatan setempat pada perayaan HUT RI ke 63. Dengan tema ‘Go green’, berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Instansi Penampil terbaik kedua.
Pada tahun – tahun selanjutnya, kata Subarjo, dilakukan pembentukan dan pengukuhan Duta Adiwiyata, serta pengolahan sampah. “Pengolahan sampah di antaranya, mengolah sampah menjadi kompos, barang bekas menjadi produk baru lain seperti pot, tempat pensil serta hiasan kelas,” jelasnya.

BERITA REKOMENDASI