Jadwal Belum Pasti, Pilkades Serentak di Purworejo Diperkirakan Digelar Awal 2019

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo akan menggelar pemilihan kepala desa (pilkades) serentah pada awal tahun 2019. Pilkades akan diikuti 343 desa di seluruh wilayah Purworejo.

Pemilihan akan diikuti desa yang masa jabatan pemimpinnya habis pada tahun 2018 dan Januari – Mei 2019. "Sebanyak 195 kepala desa akan habis masa jabatannya pada tahun 2018, sedangkan 148 kades habis pada hingga Mei 2019," ungkap Kepala Bidang Kapasitas Kelembagaan Administrasi dan Sistem Informasi Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermades) Purworejo, Puguh Trihatmoko, mewakili Kepala Dinpermades Gentong Sumharjono, kepada KRJOGJA.com, Selasa (6/3/2018).

Namun jadwal pelaksanaan pilkades masih belum ditentukan Pemkab Purworejo. Dinpermades masih menunggu disahkannya peraturan daerah (perda) dan disusul terbitnya peraturan bupati (perbup) tentang teknis pilkades.

Proses saat ini, katanya, masih tahap finalisasi perda oleh DPRD Kabupaten Purworejo. "Setelah perda baru terbit perbup, lalu kami rumuskan jadwal pilkades berdasar aturan. Tetapi perkiraanya dilaksanakan awal tahun," ucapnya.

Pemkab akan menyiapkan pelaksana jabatan (Pj) kades untuk 195 desa yang masa jabatannya habis tahun 2018. Sementara untuk desa yang habis 2019, lanjutnya, akan dilihat apakah kades bersangkutan maju kembali dalam pemilihan. "Kalau petahana tidak maju, tidak perlu ada Pj, kecuali yang lurahnya berkompetisi lagi," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Paguyuban Kepala Desa Purworejo (Polosoro) Dwi Darmawan menambahkan, kebijakan pemkab memajukan pilkades tahun 2019, sesuai harapan para kades. "Memang aspirasi kami pilkades serentak tahun 2019, sehingga penetapan Pj kades tidak terlalu lama karena dapat mengganggu stabilitas masyarakat," tandasnya.(Jas)

BERITA REKOMENDASI