Jaga Identitas Bangsa, Polres Temanggung Gelar Wayangan

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Kepolisian Resort Temanggung menggelar pentas wayang kulit semalam suntuk dalam rangka Suran peringatan 1 Muharom 1441 H, di asrama Polisi Gemoh, Sabtu (15/9/2019). warga memadati pementasan wayang kulit dengan lakon Dewa Ruci dan dalang Ki Bayu Prastyanto  itu.

Kapolres Temanggung AKBP Wiyono Eko Prasetyo SIK MIK mengatakan pementasan wayang kulit sebagai tradisi bagi kepolisian resort setempat dalam nguri-nguri budaya jawa, sehingga akan terus menjadi kegiatan tahunan." Pementasan ini diharapkan dapat melestarikan budaya wayangan sebagai tolak ukur persaudaran di Temanggung," katanya.

Pementasan, katanya, diharapkan juga dapat untuk menjaga keamanan dan kondusifitas, kuatnya sinergitas TNI, polri dan masyarakat Temanggung.

Wakil Bupati Temanggung Drs. Heri Ibnu Wibowo menyatakan kebanggannya pada Polres Temanggung yang tiap tahun gelar wayang kulit karena terbukti mampu sebagai  perekat dan sarana terjalinnya komunikasi di masyarakat.

Kedepan katanya, diharapkan  Polres Temanggung dapat menjalankan tugas dengan baik dan bekerja sama antara  kepolisian, TNI dan masyarakat  untuk menjaga keamanan dan  ketertiban.

"Kabupaten Temanggung di tahun depan akan melaksanakan pilkades serentak dan semoga dapat  berjalan lancar dan kondusif," katanya.

Sementara itu mengawali pementasan adalah dengan penyerahan tokoh wayang Raden Bimo atau Raden Werkudoro dari Kapolres pada Ki Dalang. (Osy)

BERITA REKOMENDASI