Jaga Keaslian Bentang Pandang Candi Borobudur 22 Tower BTS Dirapikan

Editor: Ary B Prass

MAGELANG, KRJOGJA.com – Sebanyak 22 Tower BTS operator seluler dan 1 tower trunking di kawasan konservasi Borobudur di area diameter 5 km dari stupa tertinggi akan dirapihkan, baik dari sisi ketinggian maupun bentuknya.
Hal ini dilakukan intuk.menjaga keasliannya dan kebersihannya.bentang pandang Candi Borobudur.
” Para operator seluler diminta mendukung upaya menjaga warisan budaya ini dengan tetap memperhitungkan posisinya sebagai destinasi wisata superprioritas,” tutur Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate  saat  kunjungan kerja ke Cagar Budaya Candi Borobudur, Kamis (14/5/2022).
Johnny bersama rombonga para pimpinan operator seluler dan penyedia menara BTS,  dengan jumlah terbatas melakukan pemantauan dari puncak Borobudur untuk melihat secara langsung “bentang pandang” Candi Borobudur agar tetap menjadikan cagar budaya ini mempertahankan otentisitas dan filosofinya.
“Semua tower dimaksud akan diturunkan ketinggiannya tidak melebihi lantai Arupadatu dari Candi Borobudur setinggi 283 m dpl (di atas permukaan laut) dan dikamuflase sehingga tidak mengganggu estetika,” tegasnya.
Menkominfo meminta kerjasama Pemerintah Daerah, Balai Konservasi dan Pengelola Kawasan Wisata Candi Borobudur untuk mendukung usaha perapihan ini, termasuk dukungan penempatan BTS Mobile yang akan menggantikan menara BTS yang dirapihkan, agar kualitas layanan tetap terjaga dengan baik.
“Kami memastikan proses pelaksanaan perapihan menara BTS ini berjalan dengan baik,” tegasnya.

BERITA REKOMENDASI